Jumat, 03 Juni 2011

Lima SMP Terbuka di Jateng Lulus Nol Persen

SEMARANG--MICOM: Dinas Pendidikan Jawa Tengah mencatat lima sekolah menengah pertama (SMP) terbuka di wilayah itu memiliki tingkat kelulusan siswanya nol persen atau tak ada satu pun siswa yang lulus pada ujian nasional 2011.

"Ada lima SMP terbuka di tiga kabupaten, yakni Kendal, Kebumen, dan Temanggung yang tingkat kelulusannya nol persen," kata Kepala Dinas Pendidikan Jateng, Kunto Nugroho HP, di Semarang, Jumat (3/6).

Ia menyebutkan, di Kabupaten Kendal ada satu SMP terbuka dengan jumlah siswa enam orang, Kebumen ada satu SMP terbuka dengan enam siswa, dan Temanggung ada tiga SMP terbuka dengan total siswa 21 orang. Terkait penyebab tingkat ketidaklulusan 100 persen di lima SMP terbuka itu, ia mengatakan pembelajaran di SMP terbuka berbeda dengan pembelajaran di sekolah umum, sebab sifatnya yang tidak mengikat atau sukarela.

Biasanya, kata Kunto, para peserta didik di sekolah terbuka adalah siswa dari kalangan kurang beruntung, sehingga selain belajar, mereka juga harus bertanggung jawab mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan bekerja. Akan tetapi, ia mengatakan kondisi tahun ini jauh lebih baik dibandingkan pada tahun lalu yang mencatat sebanyak 105 SMP terbuka memiliki tingkat kelulusan nol persen dengan jumlah siswa 1.380 orang.

Sementara itu, peringkat tiga besar SMP yang meraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi adalah SMP Negeri 1 Magelang dengan nilai 36,44, disusul SMP Negeri 2 Semarang dengan nilai 36,01, dan SMP Negeri SBBS Gemolong (35,87).

Sebelumnya, Disdik Jateng mencatat tingkat kelulusan siswa SMP di Jateng pada 2011 sebesar 99,046 persen, dari total peserta sebanyak 505.574 siswa, lulus sebanyak 500.751 siswa. dan tidak lulus 4.823 siswa. (Ant/OL-04)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar